Saturday 12 September 2020

Makanan Tradisionil Kalimantan Tengah

 

Makanan Tradisionil Kalimantan Tengah

Juhu Umbut Rotan

Umbut Rotan yang disebut kuliner yang di punya Suku Dayak, biasanya umbut rotan diketahui dengan uwut nang'e. makanan yang memiliki bahan fundamen rotan muda ini langkah pemrosesanya pertama rotan muda dibikin bersih kulitnya dibuang terus Alasan Bermain Slot Online  dipotong dalam ukuran kecil. Umumnya umbut rotan dibuat dengan ikan baung serta terong asam. Kuliner yang ini memiliki rasa gurih, asam, serta kepahit-pahitan yang terintegrasi dengan rasa manis dari daging ikan, yang jadikan kuliner ini ciri khas.

Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit ialah nama sayuran ini benar-benar asing buat beberapa orang sebab namanya yang tidak terkenal. tetapi orang wisatawan yang seringkali ke tanah Dayak tersering cari sayuran ini. serta buat suku Dayak, juhu umbut kelapa ini adalah kuliner favorite yang harus disajikan di tiap diselenggarakan acara-acara seperti sukuran

Kalumpe / karuang

Kalumpe / karuang ialah sayuran yang dibikin dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe sebetulnya ialah bahasa Dayak Maanyan serta karuang panggilan sayur ini dengan bahasa Dayak Ngaju. dalam pemrosesan kalumpe iniyaitu daun singkong ditumbuk halus serta digabung dengan terong kecil atau terong pipit. dengan penambahan bumbu bawang merah, bawang putih, serai serta lengkuas yang dihaluskan. Jika ingin dapat ditambah lagi cabe.umumnya kuliner ini di sediakan dengan sambal terasi.

Wadi

Wadi adalah makanan memiliki bahan fundamen ikan terkadang menggunakan daging babi, Pemrosesanya yakni ikan atau daging yang akan diproses dibikin bersih terlebih dulu, setelah itu dicelup semasa 5-10 jam di air garam. Selanjutnya daging atau ikan diangkat serta didiamkan jadi kering. Sesudah cukup kering ikan atau daging digabung dengan Sa'mu sampai rata. Selanjutnya daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Taruh kira-kira semasa 3-5 hari. Untuk daging dianjurkan taruh lebih dari satu minggu, Sesudah usai, wadi harus diproses kembali lagi diantaranya dengan digoreng atau dibuat.

Bangamat / Paing

Bangamat adalah kuliner yang dibikin dari kelelawar besar / kalong. Langkah pemasakannya yakni paing yang akan dibuat dibikin bersih dengan buang kuku, bulu kasar ditekuk serta punggung, dan ususnya, setelah itu sayap, bulu serta dagingnya dibuat, Umumnya untuk orang Dayak Ngaju paing dibuat dengan bumbu yang semakin banyak jika untuk Dayak Maanyan, paing dibuat dengan bumbu yakni serai serta daun pikauk. Umumnya Paing dibuat bersama-sama sayur hati tangkai pisang yang dipotong-potong, pisang yang di pakai ialah pisang kipas. Atau juga bisa dibuat dengan dengan sulur keladi.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...