Sunday 25 October 2020

10 Oleh-Oleh Ciri khas Tana Tidung

 10 Oleh-Oleh Ciri khas Tana Tidung

Nasi Subut

Sama yang kita kenal kalau nasi merupakan makanan inti orang Indonesia. Tidaklah mengherankan kalau di tiap wilayah punyai olahan nasi ciri khas yang berlainan. Di Tana Tidung sendiri ada yang bernama Nasi Subut.

Lain dari lainnya, penampakan nasi ini demikian antik lantaran punyai warna keunguan. Warna itu datang dari bahan terpentingnya ialah ubi ungu. Rata-rata Nasi Subut pula ditambahkan dengan taburan bulir jagung serta bumbu penyedap yang lain maka dari itu punyai rasa renyah serta nikmat.

Oh, ya, Nasi Subut juga aman untuk pasien diabetes, lantaran tidak punya kandungan banyak nasi lantaran susunan jagung serta ubinya jauh bisa lebih banyak

Sate Ikan Pari

Sate ciri khas Tana Tidung dibikin dari Ikan Pari. Tidaklah mengherankan kalau sate ini bisa membuat rasa antik untuk tiap-tiap orang yang mencicipinya.

Ikan pari nya diambil dari Sungai Sesayap. Ikan itu dicuci dahulu, lantas dipotong lalu dicelup dengan air jeruk nipis. Seterusnya anyar diberi bumbu.dengan olahan rempah-rempah, serta dikasihkan tambahan madu pula diolesi kecap manis sewaktu proses pembakaran. Ah, nikmat!. Bawa pulang 1 alokasi saja rasa-rasanya pastilah masih kurang.

Sambel Ikan Asin Ciri khas Tana Tidung

Sambel ikan asin rata-rata berubah menjadi lauk Nasi Subut. Kulineran yang dekat dengan panggilan Gammy sama orang Tana Tidung ini diolah melalui langkah ditumis dengan sauce renyah, lantas ditambahkan sayur singkong. Rasa-rasanya pedas bergabung asam namun juga asin. Sambal ini dapat bertahan kurang lebih 2 minggu kalau ditaruh di luar tempat, serta lebih lama kembali kalau ditaruh dalam kulkas

Udang Galah

Udang Galah pula datang Alasan Bermain Slot Online dari perairan Sungai Sesayap. Dapat diproses berubah menjadi makanan apa saja. Memang tidak usah ditambah bumbu kembali Udang Galah selalu nikmat lantaran dagingnya telah punyai rasa manis-manis renyah. Tidak hanya itu udang ini juga tidak memiliki bau tanah,

Sisi sangat nikmat dari Udang Galah adalah isi dari kepalanya lantaran ada telur udang serta sedikit daging yang paling nikmat sekali sewaktu disedot. Sebab itulah ukuran kepala Udang Galah makin besar dibanding tubuhnya.

Jahe Bawang Dayak

Orang Tana Tidung biasa mengonsumsi minuman hangat seperti jahe yang ditambahkan sari bawang rimba atau bawang dayak. Di Tana Tidung style bawang ini kerap jadikan jamu buat kembalikan kesegaran badan

Dengan wewangian yang juga unik, serta rasa yang nikmat, Jahe Bawang Dayak dapat bikin badan anda terus-menerus, sehat, serta lolos dari beragam penyakit walaupun selamanya menghadapi kesibukan yang padat.

Kue Tambi

Kuenya masyakarat Tana Tidung, nih, guys. Namanya Kue Tambi. Rasa-rasanya sangatlah manis serta berasa kriuk sewaktu digigit. Snack ini dibikin dari gabungan tepung terigu dengan santan air kapur sirih, mentega, serta gula merah. Penggorengannya dijalankan kedua kalinya. Pertama kali, waktu adonan masih berisi santan air kapur sirih serta mentega. Ke-2 , sehabis ditiriskan lantas dimasak kembali dengan gula merah. Tidaklah mengherankan, kalau rasa-rasanya betul-betul super kriuk-kriuk!

Sate Temburung

Menu Seafood sangat populer sehabis Sate Ikan Pari di Kalimantan utara. Temburung sendiri merupakan style hewan laut yang serupa kerang. Rasa sate ini sangatlah oke, tidak mereplikasi cita-rasa sate mana saja, maka dari itu sangatlah unik serta memberinya pengalaman keasyikan yang tidak sama utamanya untuk penyuka sate.

Buah Tarap

Buah Tarap termaksud ke marga buah Nangka. Buah ini rasa-rasanya sangatlah manis. Teknik kupasnya serupa sewaktu anda memakai Buah Srikaya. cukup irislah gunakan tangan, lantaran sangatlah lunak ditambah lagi bila telah masak. Selanjutnya dapat tampak butiran ranum mempunyai warna putih yang siap buat dilahap.

Kalau pengin membawanya selaku oleh-olehan yakinkan pilih yang telah tua serta buah didalamnya belum masak supaya tidak simpel terbuka

Tas Dayak

Kalau beragam kulineran yang dikupas di atas telah berhasil masuk keranjang anda, saat ini silakan berganti di kerajinan tangannya. Yap, tas Dayak. Tas ini sangatlah etnik dibalut dengan corak ciri khas Dayak sebagai satu diantaranya suku yang ada pada Tana Tidung. Sesuai buat jadikan oleh-oleh terlebih buat mereka yang pengin tampak berpembawaan etnik.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...