Friday 11 September 2020

Pecak Haseum, Olahan Ikan Ciri khas Ujung Kulon Paling Fresh Sedunia

 

Pecak Haseum, Olahan Ikan Ciri khas Ujung Kulon Paling Fresh Sedunia

BANTEN mempunyai banyak kuliner tradisionil yang banyak diketahui orang. Sebutlah saja sate bandeng, pecak bandeng, rebeg, nasi sumsum, dan sebagainya.

Kesempatan ini merahputih.com mengenalkan kuliner lain yang disebut hidangan ciri khas dari Ujung Kulon, Banten, namanya pecak haseum. Pecak haseum adalah olahan ikan dengan sambal haseum. Haseum dengan bahasa Sunda bermakna "asam". Makanan ciri khas pecak haseum sebetulnya datang dari daerah Sumur, tetapi bertambah populer untuk "ciri khas Ujung Kulon".

Seiring berjalannya waktu, pecak haseum mulai diperkenalkan ke luar daerah Ujung Kulon. Pecak haseum contohnya dapat diketemukan di Ibu Kota Serang yang dibawa oleh masyarakat Ujung Kulon yang merantau ke daerah kota.

Pecak diketahui dengan pecel di wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur. Pecel bisa dipakai untuk beberapa jenis ikan baik tawar atau ikan laut.

Penamaan pecak haseum sebab sambal yang dipakai kuat rasa asam atau datang dari salah satunya bahan sambalnya. Rasa asam itu datang Tips Menang Slot dari buah balingbing (dengan bahasa setempat), atau buah haseum. Dengan bahasa Indonesia disebutkan belimbing asam atau belimbing wuluh. Rasa asam ini yang memperbedakan dengan pecel-pecel ciri khas dari wilayah lain.

Tetapi di sejumlah wilayah di Pandeglang, pengerjaan sambal untuk ikan memakai honje bakar. Honje bakar ini gantikan pemakaian haseum. Semasing sambal ikan ini memiki rasa serta aroma kuat yang ciri khas.

Pecak haseum bercita rasa asam fresh serta pedas. Beberapa bahan pecak yang lain yakni tomat, jahe, bawang. Pecak digabung bumbu-bumbu lain. Bumbu-bumbu itu diulek tidaklah sampai halus. Ada pula yang membuat pecak haseum dengan bahan penambahan dibakar terlebih dulu, atau cuma bawang yang dibakar.

Menurut adat ditempat, pecak haseum biasa dibikin waktu acara kumpul keluarga atau acara penyambutan tamu. Adat itu disebutkan babacakan atau makan bersama di luar rumah dengan memanggang ikan. Acara-acara semacam itu biasa dilaksanakan sebelum bulan puasa atau sesudah hari-hari raya keagamaan.

Pada daerah selatan Pandeglang yang kaya sumber laut yang menggerakkan pemakaian bahan ikan laut yang lumayan tinggi. Ikan laut yang umum dipanggang untuk dibuat pecak haseum seperti kakap, kerapu, tongkol, cumi, sampai kerang-kerangan. Ada pula pemakaian ikan tawar, seperti ikan lele, mas, atau mujair.

Jika Anda pelesiran ke teritori rekreasi ke Banten, terutamanya ke ujung barat-selatan Pandeglang, pecak haseum dapat jadi kuliner tradisionil sasaran Anda. Pecak haseum akan membuat Anda fresh kembali lagi sesudah capek jalan-jalan.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...