Tuesday 8 September 2020

Kuliner Ciri khas Purworejo

 Kuliner Ciri khas Purworejo

Purworejo digemparkan adanya Kerajaan Keraton Agung Sejagat. Wilayah ini rupanya mempunyai makanan menarik, termasuk juga 5 kuliner ciri khas Purworejo berikut.

Belakangan ini berlangsung keseruan di Purworejo sesudah ada berita masalah ada Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Faksi kerajaan akui untuk penerus dari Kerajaan Majapahit. Tempat kerajaan ini persisnya ada di di Desa Pogung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo.

Purworejo sendiri sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Kecuali hebohnya Kerajaan Agung Sejagat, kabupaten Purworejo simpan banyak daya tarik, diantaranya Permainan judi virtual ialah kulinernya yang bermacam. Dari mulai sate winong sampai geblek, di bawah ini kuliner ciri khas Purworejo yang mempunyai rasa lezat dan unik.

1. Sate Winong

Kerajaan Keraton Agung Sejagat Trending, Yuk Ketahui 5 Kuliner Ciri khas PurworejoSate Winong ciri khas Purworejo Photo: Instagram @kulinerkutoarjo

Sepintas tidak ada yang memperbedakan sate winong dengan tipe sate yang lain. Sate ini dibuat dari daging kambing muda, tetapi ketidaksamaan ada di bumbu yang dipakai. Sate winong diberi bumbu dengan kecap manis yang dibikin sendiri, lalu ada gula merah serta beberapa rempah.

Sate ini diberikan dengan potongan timun, potongan bawang merah, serta cabai rawit. Cita rasa-rasanya telah pasti enak serta ciri khas sebab bumbunya tidak sama dengan sate kambing muda yang lain.

2. Dawet Ireng

Kerajaan Keraton Agung Sejagat Trending, Yuk Ketahui 5 Kuliner Ciri khas PurworejoDawet Ireng ciri khas Purworejo Photo: Rinto Heksantoro/detikcom

Dawet ireng ini adalah sajian es dawet (es cendol) yang adonan cendolnya memiliki warna hitam. Warna hitam ini datang dari pewarna alami yakni jerami padi yang dibakar lalu abunya dihaluskan serta dipakai untuk pewarna adonan cendol.

Es dawet ireng penyajiannya sama juga dengan es cendol atau es dawet ayu biasanya yakni diberikan dalam mangkok kecil. Lalu diberi penambahan es serut, santan kelapa cair yang gurih, serta cairan gula merah kental yang manisnya cocok.

3. Clorot

Kerajaan Keraton Agung Sejagat Trending, Yuk Ketahui 5 Kuliner Ciri khas PurworejoClorot ciri khas Purworejo Photo: Rinto Heksantoro/detikcom

Kuliner ciri khas Purworejo yang lain ialah clorot yang disebut cemilan tradisionil berbungkus daun kelapa. Clorot dibuat berbahan fundamen tepung beras yang ditambah lagi sedikit tepung kanji, garam, dan gula merah untuk pemanis alami, dan vanili atau daun pandan supaya cemilan tradisionil ini mempunyai aroma yang harum.

Adonan ini teksturnya cair sedikit kental, sesudah jadi adonan itu dimasukkan ke bingkisan daun kelapa dengan bentuk corong atau terompet kecil. Kemudian clorot dikukus sampai mengeras. Langkah melahap clorot ini sedikit unik sebab dengan menyerang sisi bawah clorong memakai satu jemari.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...