Friday 18 September 2020

Kekhasan Telur Tuntong Makanan Ciri khas Aceh Tamiang

 

Kekhasan Telur Tuntong Makanan Ciri khas Aceh Tamiang

Suku Tamiang atau Suku Melayu Tamiang ialah satu suku bangsa Melayu yang disebut masyarakat asli Kabupaten Aceh Tamiang. Mereka memiliki persamaan aksen serta bahasa dengan warga Melayu yang tinggal di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Bermacam kebudayaan Aceh Tamiang, salah satunya ciri mereka masalah penganan ciri khas temuling atau vla (saus) srikaya untuk lengkapi ketupat mini yang dibuat dari ketan putih. Masyarakat Aceh Tamiang, terutamanya di kecamatan Bendahara serta Seruway yang ada di pesisir pantai jadikan temuling untuk panganan harian yang tetap dinanti-nantikan warga. Umumnya waktu Lebaran, tentu di tiap rumah ada temuling. Tidak hanya temuling, beberapa macam kue ciri khas bertambah nikmat jika digabung dengan telur memiliki tekstur kenyal ini.

"Kenyal seperti telur penyu tetapi berbentuknya bertambah lonjong. Jika di rebus telur tidak dapat mengeras. Jadi langsung diseruput," kata seorang masyarakat Aceh Tamiang, Abubakar (64).

Saat ini lezatnya temuling telur tuntong tidak di nikmati warga Aceh Tamiang. Bila ingin melahap kue ciri khas itu, masyarakat mengubah dengan telur ayam yang gampang didapat.

Itu yang berikan motivasi beberapa pencinta lingkungan dari masyarakat ditempat untuk lakukan konservasi, supaya elemen pelezat makanan ciri khas mereka masih dapat di nikmati anak cucunya nantinya. Mereka teratur lakukan publikasi Alasan Bermain Slot Online pada warga supaya tidak lagi memakai Tuntong atau telurnya untuk komoditas yang diperjual-belikan.

PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, memandang usaha beberapa pencinta lingkungan ini harus mendapatkan suport dari korporasi. Semenjak tahun 2013, bersama-sama seluruh penopang kebutuhan, seperti pemda serta Tubuh Konservasi Sumberdaya Alam Aceh Tamiang, anak perusahaan Pertamina ini terjebak dalam usaha Konservasi Keragaman Resapi Ciri khas Aceh Tamiang untuk menolong operasional pekerjaan pelestarian spesies tuntong di pesisir pantai Kabupaten Aceh Tamiang.

Semasa empat tahun berperan serta dalam konservasi Tutong Laut, PEP Field Rantau yang menjalankan salah satunya asset hulu migas Pertamina di Aceh Tamiang tetap akan memberikan dukungan usaha pencinta lingkungan. Sampai sekarang ini telah melepasliarkan 1204 tuntong yang sudah ditetaskan dan 73 tuntong betina dewasa sudah dikembalikan.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...