Friday 4 September 2020

5 Makanan Unik Ini Kuliner Ciri khas Indonesia

 

5 Makanan Unik Ini Kuliner Ciri khas Indonesia

Bila ingin dibikin buku, tebal buku macam kuliner Indonesia itu kemungkinan melewati ketebalan buku kamus!

Baru mengulik tipe makanan yang seringkali ditawarkan di satu wilayah saja banyak macamnya. Ditambah lagi jika kita coba cari bertambah dalam lagi makanan yang telah musnah atau justru tidak dibikin lagi sebab kalah terkenal dengan sushi, udon serta pizza.

Sebelum beberapa makanan ini tinggal nama saja, sebaiknya kita untuk generasi muda dapat mengenali bertambah dekat beberapa nama makanan yang dapat disebut jarang-jarang terdengar di arena kuliner nusantara. Siapa tahu, lebih mengenal akan membuat sebagian dari kita terdorong untuk melestarikan atau justru mempopulerkan lagi beberapa makanan itu.

1. Tempoyak

Terkenal di wilayah Palembang, Bengkulu, Lampung serta Jambi, tempoyak ialah makanan yang dari buah durian yang difermentasi. Biasa dikonsumsi untuk lauk yang dikonsumsi dengan nasi, citarasa dari tempoyak ialah asam karena fermentasi bahan bakunya yakni durian.

Tempoyak dibikin dengan memakai daging buah durian lokal yang masak atau yang telah begitu masak. Berikan garam lalu taruh di wadah tertutup. Seharusnya proses fermentasi daging durian ini dilaksanakan dalam temperatur ruang untuk percepat prosedurnya.

Tempoyak yang telah berusia 3-5 hari bisa diproses jadi sambal tempoyak, dibuat dengan kombinasi daging ayam atau dibikin jadi sambal goreng udang.

2. Mandai.

Mandai ialah panggilan untuk kulit cempedak yang telah lewat proses fragmentasi serta dibuat lauk pendamping nasi. Mandai benar-benar terkenal di golongan warga Kalimantan, ditambah buat orang Banjar.

Untuk bikin Mandai yang enak, kulit cempedak yang dipakai harus datang dari buah cempedak yang masak. Kulit yang dipakai dari buah cempedak ialah kulit sisi dalam yang seperti terlihat gabus. Potong-potong sisi dalam kulit cempedak, rendam dengan air garam semasa 3 hari atau satu bulan, paling lama. Struktur Tips Menang Slot Mandai akan bergantung dari berapa lama proses perendaman ini.

Penyajian Mandai dapat diberikan dengan digoreng terlebih dulu atau di oseng dengan bahan serta bumbu lain.

3. Panada.

Panada ialah kue berupa pastel dengan isian ikan cakalang dibuat panpis, serta adalah kue ciri khas dari Manado. Dibuat panpis tujuannya, ikan cakalang yang sudah disuir-suir kecil dibuat dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah serta daun bawang.

Rasa serta struktur dari Panada tidak sama dengan pastel walau dengan cara performa. Ke-2 kue ini nampak sama. Kulit dari Panada bertambah tebal hingga tidak membuahkan suara kress waktu kamu menggigitnya. Isian cakalangnya yang terasa gurih dan pedas pas dengan kulit Panada yang lembut tetapi krispi pada pinggirannya.

4. Papeda/ Bubur Sagu.

Papeda atau Bubur Sagu ialah makanan yang terkenal di wilayah Maluku, Papua di Sulawesi Selatan dengan nama Kapurung. Papeda atau bubur sagu diberikan dengan disiram dengan air panas lalu diaduk sampai mengembang. Lauk pendamping papeda umumnya ialah ikan tongkol atau mubara yang diberi bumbu dengan kunyit, ikan berkuah pedas atau sayur tagas-tagas yang dibuat dari kombinasi daun singkong, bunga pepaya, serta ubi jalar.

Papeda lebih bagus bila diberikan panas-panas serta langkah mengkonsumsinya, dapat diseruput atau dihisap langsung.

5. Gulai Siput/ Gulai Cipuik.

Di Riau, Gulai Siput jadi makanan jagoan ditambah di waktu bulan Ramadan. Bahan baku intinya, siput, seperti seperti keong tetapi ukurannya bertambah kecil serta cangkangnya bergelung. Kecuali bahan baku penting yang lain. Proses memasak Gulai Siput sama juga dengan gulai biasanya, memakai bumbu berempah, kunyit serta santan untuk bikin rasa gulai gurih serta beraroma.

Dengan bahasa melayu aksen Kuantan Singingi, Gulai Siput disebutkan dengan "Gulai Cipuik", sedang dengan bahasa melayu Rokan disebutkan dengan "Lengkitang."

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...