Thursday 3 September 2020

Mie Laksa, Kuliner Ciri khas Tangerang

 Mie Laksa, Kuliner Ciri khas Tangerang

Laksa. Atau yang bertambah diketahui dengan Mie Laksa salah satu dari banyaknya makanan traditional terkenal yang terbentuk melalui kombinasi di antara Tionghoa dengan Melayu. Sesuai namanya, "Laksa" datang dari bahasa sanskerta yang bermakna banyak. Kata banyak sendiri mengacu pada pengerjaan Mie Laksa yang memakai racikan dari banyak jenis bumbu dapur.

Untuk satu dari kebudayaan peranakan, Laksa mulai berubah di sejumlah daerah. Tidak perihal di Indonesia. Serta jadi makanan ciri khas di sejumlah kota di Indonesia. Ada tipe laksa yang populer di Indonesia. Salah satunya, Laksa Bogor serta Laksa Betawi. Tetapi Ada lagi satu Laksa yang tidak kalah populer, yakni Laksa Tangerang.

Tidak sama dengan Laksa umumnya, Laksa Tangerang mempunyai kekhasan tertentu. Bila lihat Laksa Bogor, ada kuah kental yang dari potongan oncom, dengan kombinasi ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, serta telur rebus yang umumnya di makan dengan sambal senang.

Pada Laksa Betawi, umumnya berisi telur, tauge pendek, ketupat, daun kemangi serta kucai. Ada pula yang memberikan tambahan bihun serta perkedel, untuk membuat bertambah rasa-rasanya.

Sedang pada Laksa Tangerang, dibuat dari mie tepung beras putih yang telah di rebus, selanjutnya diberi daun seledri, serta dikasih kuah kuning yang kental. Ada parutan kelapa yang disangrai serta kacang hijau jadikan rasa manis untuk cita rasayang ciri khas. Untuk pelengkap, Laksa Tangerang dapat digabungkan dengan opor ayam , telur rebus atau tahu.

Langkah membuat cukup gampang, sebelumnya dengan mempersiapkan bahan intinya, yakni seperti bihun yang tebalnya seperti spaghetti serta dibuat dari beras. Selanjutnya beberapa bahan ini disiram dengan kuah Laksa yang memiliki Provider Slot Online bahan dari kacang ijo, kentang, santan serta kaldu ayam. Disamping itu, juga bisa ditambah lagi daging ayam kampung dan telor. Sebelum diberikan, masakan ini dikasih taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil.

Selain itu, rupanya ada dua tipe Laksa Tangerang, yakni Laksa Nyai serta Laksa Nyonya. Disebutkan, Laksa Nyai dibikin oleh golongan pribumi Tangerang, sedang Laksa Nyonya dibikin oleh golongan peranakan Cina di Tangerang. Ke-2 Laksa ini condong mempunyai rasa yang serupa. Laksa Nyai dapat didapat di samping POM Bensin Babakan Cikokol, sesaat laksa Nyonya berada di Pasar Lama Kota Tangerang.

Harga Relatif Murah

Disebutkan oleh warga Tangerang, untuk memperoleh satu bagian Laksa ini, tak perlu mengambil kantong yang dalam. Konsumen cuma cukup keluarkan kantong sejumlah Rp.15.000 – Rp.20.000 Rupiah saja untuk dapat bawa pulang kuliner yang ini. Harga yang relative murah, membuat semua golongan dapat mencicipinya kapanpun.

Riwayat Laksa di Tangerang

Laksa di Kota Tangerang telah berubah semenjak beberapa ratus tahun kemarin. Tetapi, sampai sekarang ini belumlah ada yang kukuhkan riwayat berdirinya Laksa untuk salah satunya makanan ciri khas di kota nomor satu Propinsi Banten ini.

Di tahun 1970-an, Laksa mulai dijajak oleh beberapa pedagang keliling di Kota Tangerang. Pekikan ciri khas, "laksa… laksa…" dari beberapa pedagang biasa terdengar. Mereka menjualnya dengan berkeliling-keliling dari kampung ke kampung. Tetapi, bersamaan perkembangan jaman, laksa mulai tergeser oleh tipe makanan yang lain cepat dibuat, cepat dipasarkan, serta kemungkinan tambah murah (makanan cepat saji). Hingga, di saat itu jejak makanan laksa mulai menghillang dalam periode waktu 20 tahun.

Tetapi di tahun 2000, makanan ini kembali lagi tampil di banyak tempat, ditambah lagi sesudah kehadirannya rupanya mulai mendapatkan tempat di hati warga. Bukan hanya itu, serta Pemerintah kota Tangerang memberi supportnya sampai sekarang ini. Sekarang pedagang laksa bisa dengan gampang didapati serta banyak berjajar di Jl. Muhammad Yamin, persisnya di muka LP Wanita Kota Tangerang. Cukup banyak juga yang masih tetap berkeliling-keliling dari kampung ke kampung.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, ketenaran Laksa Tangerang bukan hanya hanya golongan warga seputar saja, tapi juga populer di Jakarta, sampai ke Bogor. Karena kepopulerannya, makanan ini memperoleh perhatian spesial dari pemerintah ditempat. Pemerintah Kota Tangerang memberikan fasilitas penjual laksa dengan sediakan bangunan pondok yang dibuat dari bambu serta beratap jerami. Persisnya berada di Jalan Mohamad Yamin, Kota Tangerang. Rekreasi kuliner Laksa Tangerang sekarang siap menyediakan kesenangan kuliner dengan tempat yang nyaman yang asri.

S/d sekarang ini, rekreasi kuliner laksa yang berada di Kota Tangerang itu tetap ramai oleh beberapa pengunjung dari semua tempat, terutamanya warga Tangerang. Disebutkan sehari-harinya, ada beberapa ratus orang menyempatkan saatnya bertandang, untuk nikmati makanan kuliner ciri khas Kota Tangerang ini, ditambah waktu waktu berlibur sudah datang.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...