Friday 3 January 2020

10 Makanan Khas Asli Bogor

10 Makanan Khas Asli Bogor

10 Makanan Khas Asli Bogor


HM Kuliner - Bila diberi pertanyaan tentang yang sama dengan makanan khas Bogor, jawaban kamu kemungkinan ialah asinan Bogor. Wajar sebab kuliner ini demikian fantastis di dunia kuliner Indonesia. Tetapi, pada kenyataannya, makanan khas Bogor variasinya benar-benar mengagumkan. Sebagian besar rasa ada, dari yang gurih, manis, pedas, asam sampai asin, yang jadikan kuliner di Bogor wajar masuk dalam gagasan wisata selanjutnya. 

Tertarik untuk coba serta mencicip makanan khas Bogor yang menyebar di seantero kota ini, baca dahulu daftarnya berikut ini, ya! 

1. Toge Goreng


Telah berdiri semenjak 1970-an, Toge Goreng Haji Omah jadi satu diantara makanan khas Bogor yang melegenda serta hits sampai sekarang. Rasa-rasanya yang gurih dan pedas, dengan siraman bumbu tauco asli serta tauge yang fresh, ditambah kerupuk mie jadi toppingnya, ditanggung siapa saja yang merasakan akan senang dengan menikmatinya. 

2. Es Pala


Telah lebih dari 1/2 era makanan khas Bogor ini bertahan. Cita rasa yang terus dipertahankan ialah kuncinya. Kuliner fresh yang sekarang diatasi oleh Pak Ata ini punya kekhasan rasa, dari mulai asam khas pala, manis dari gula serta fresh dari es yang ditambah lagi di dalamnya. Hidangan ini cocok kamu nikmati waktu cuaca panas. 

3. Doclang


Bila di Jakarta populer dengan hidangan ketoprak, karena itu Bogor sama dengan doclangnya. Perbedaannya, pada doclang, bihun serta tauge ditukar dengan kentang serta telur rebus, lengkapi ketupat atau lontong, tahu serta disiram dengan bumbu kacang. Kerupuk serta bawang goreng dapat jadi penambah cita rasa yang tidak bisa ditinggalkan. Satu diantara tempat paling baik nikmati doclang ialah di warung Pak Odik, yang ada di Tanjakan Pasir Kuda sebelum pintu masuk Kebun Raya Residence. Tertarik coba? 

4. Cungkring


Tidak ada kelirunya mengawali pagi dengan sarapan asik di Bogor. Satu diantara yang dapat kamu coba ialah cungkring. Memiliki bahan fundamen kaki sapi yang diproses secara spesial, dengan dibagi jadi empat sisi, dari kikil, kulit, dampal serta urat, dikasih kuah bumbu sate, nikmati makanan khas Bogor ini akan terkesan. Satu diantara penjual yang masih sisa ialah Cungkring Pak Jumat, yang sekarang telah diambil pindah oleh anaknya, Deden. 

5. Bapatong


Bapatong adalah kependekan dari bakso kupat gentong. Makanan khas Bogor ini jadi satu diantara jajanan yang hits sebab rasa serta struktur makanan yang khas. Yang memperbedakan dengan kuliner bakso ialah pada bentuk daging yang dipola secara spesial, berupa potongan dadu serta penambahan iga sapi jadi topping. Hidangan ini paling cocok di nikmati pada saat dingin atau saat hujan, serta tempat paling baik coba kuliner ini ialah di Taman Kencana Bogor. 

6. Ngo Hiang


Kuliner ini adalah makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri aslinya, makanan ini memiliki bahan fundamen daging babi, tetapi telah diubah demikian rupa saat masuk ke Indonesia. Olahan daging dibalut dengan tepung serta digoreng, digabung dengan saus khas Ngo Hiang, yang mendatangkan rasa asam serta manis, plus acar lobak untuk meningkatkan cita rasa membuat kuliner ini dapat meningkatkan pengalaman kuliner kamu. Untuk yang muslim, kemungkinan harus melepaskan hidangan yang satu ini, ya! 

7. Asinan Jagung Bakar


Bogor memang populer dengan asinannya, serta satu diantara yang perlu kamu coba ialah asinan jagung bakar Bapak Sabur. Bila umumnya asinan dibuat dari kombinasi buah dan sayur seperti sawi, pepaya muda, kol, tauge, kedondong, asinan ini jadikan jagung bakar serta timun jadi bahan intinya. Dengan kuah asinan bikinan sendiri yang istimewa, ditambah sedikit rasa pedas dari cabai, satu mangkuk asinan jagung bakar akan di nikmati dengan kerupuk mie. 

8. Laksa Bogor


Berjualan semenjak 1965, Laksa Pak Inin jadi satu diantara kuliner yang wajib kamu coba waktu berekreasi kuliner ke Bogor. Kuah oncom sebagai ciri khas, sekaligus juga pembeda di antara laksa Betawi serta laksa Bogor ini. Dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning serta telur rebus, kamu akan nikmati satu porsi sajian yang mengagumkan. 

9. Soto Mie


Di Bogor ada juga soto mie, lho! Malah, kuliner ini terhitung dalam kelompok makanan khas Bogor yang perlu kamu coba. Dengan isian yang lengkap, dari mulai daging, tetelan, kol, mie, lobak, kentang, seledri, daun bawang, emping serta risol, yang selanjutnya disiram dengan kuah kaldu yang kental serta penambahan jeruk nipis dan sambal, nikmati soto mie di warung Mang Ohim, ditanggung kamu akan rasakan kuliner yang nikmat serta terkesan. 

10. Asinan Bogor


Kuliner yang sama dengan Bogor ialah asinan, serta kelihatannya tidak resmi jika liburan ke Kota Hujan ini tanpa ada coba kuliner ini. Spot paling baik nikmati asinan khas Bogor ialah di Gedung Dalam. Bermodal buah-buahan fresh dari perkebunan lokal, dari mulai buah serta sayuran, rasa yang diberikan cocok di lidah serta beri kesegaran, walau ada pula sedikit rasa pedas. Kamu harus coba, deh!

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...