Sunday 29 December 2019

Makanan Khas Betawi Yang Kudu Dicobain

Makanan Khas Betawi Yang Kudu Dicobain

Makanan Khas Betawi Yang Kudu Dicobain

HM Kuliner - Kebudayaan Betawi memang menarik. Tidak hanya dari sisi seni serta budaya, kuliner Betawi juga populer akan kelezatan cita rasa-rasanya. Tidak yakin? Baca beberapa makanan khas betawi berikut yang harus kamu santap waktu bertandang atau liburan di Jakarta. 

1. Kerak Telor 


Kerak telor punya rasa gurih serta legit ini favorite masyarakat Jakarta. Sajian khas Betawi ini dibikin dari beberapa bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai jadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, selanjutnya dibumbui halus seperti kelapa sangrai serta yang lain. Hal unik dari kuliner khas betawi ini ialah cara memasaknya. Telur dibuat saat 1/2 masak akan di balik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan semacam itu sampai masak hingga jadi kerak. 

2. Nasi Uduk Betawi 


Nasi Uduk ialah kuliner khas Betawi yang lain. Proses memasak beras untuk nasi uduk ialah dengandiaron dengan memakai air santan, daun salam, daun jeruk, laos, serta serai lalu dikukus sampai masak. Rasa-rasanya gurih serta punya aromanya tertentu. Nasi uduk Betawi umumnya diberikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal serta pelengkap yang lain dan daun kemangi. 

3. Gado-gado Betawi 


Makanan tradisionil betawi setelah itu gado-gado betawi. Gado-gado sendiri bermakna campur aduk dalam bahasa Betawi ialah favorite warga Betawi. Beberapa jenis sayur yang direbus bersama dengan kentang, tahu, tempe serta telur yang disiram dengan bumbu kacang serta taburan kerupuk jadikan sajian ini disukai beberapa orang. Kuliner khas betawi ini benar-benar nikmat disantap dengan nasi atau diberikan bersama dengan lontong. 

4. Semur Jengkol 


Semur jengkol sajian khas Betawi ini populer dengan berbau nya. Untuk sebagian orang, berbau jengkol bisa membuat tidak senang, tapi untuk fans jengkol, sajian ini sangat disukai. Masakan ini dibuat dengan jengkol yang punya rasa pahit, tetapi sesudah dibuat memakai beberapa bumbu serta rempah, jengkol jadi lezat untuk disantap. Semur jengkol umumnya diberikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Janganlah lupa coba sajian khas Betawi satu ini ya, jika berkunjug ke Jakarta! 

5. Soto Betawi 


Soto betawi adalah kuliner khas Betawi dari soto santan dengan isian daging sapi dan dalaman serta organ sapi serta hewan yang lain seperti ayam. Beberapa orang menyukai jenis soto khas Betawi ini. Fansnya bukan sekedar orang di Jakarta, warga lain di beberapa wilayah di Indonesia suka melahap masakan khas Betawi ini. Soto Betawi punya rasa gurih yang berlainan dengan soto yang lain. 

6. Roti Buaya 


Roti buaya punya peranan penting dalam pernikahan tradisi Betawi. Kuliner khas betawi satu ini punya panjang seputar 50 cm ini dibawa oleh mempelai lelaki untuk diserahkan kepada pengantin wanita di pernikahan atau lamaran di pernikahan tradisi Betawi. Roti buaya ini punya arti tertentu buat masyarakat Betawi, yakni jadi pernyataan kesetiaan pasangan menikah yang diakui warga Betawi secara turun-temurun. 

7. Asinan Betawi 


Asinan Betawi biasanya adalah kombinasi dari sawi, kol, tauge, tahu putih serta selada yang diberi dengan kacang tanah goreng. Semuanya lalu disiram dengan kuah bumbu kacang dan digabung cuka serta cabai dengan kerupuk mie besar berwarna kuning. Tidak hanya enak serta fresh, makanan khas betawi ini termasuk sehat sebab memakai banyak sayur-sayuran. 

8. Kue Cucur 


Kue cucur salah satu kue tradisionil khas Betawi yang seringkali serta gampang kita temui di pasar tradisionil atau di toko kue. Kue ini dapat didapati di beberapa tempat seperti di upacara pernikahan, cukur rambut bayi serta yang lain. Kue cucur ini rasa-rasanya manis dengan struktur lembut dibagian tengahnya, dan renyah dibagian pinggirnya. Kue memiliki bahan fundamen beras serta gula merah ini dibuat dengan cara digoreng. Terhitung satu diantara makanan khas betawi harus coba. 

9. Dodol Betawi 


Betawi populer dodol dengan cita raalezat. Cara membuat cemilan khas betawi dengan cara tradisionil memakai kuali besar sangat unik serta menarik. Kuali yang namanya Kencang ini memiliki ukuran diameter 50 cm sampai 1 mtr.. Dodol ini dibikin dari kelapa serta ketan menjadikanya lengket serta kenyal. 

10. Putu Mayang 


Putu mayang ialah kue tradisionil khas Betawi yang dibikin dari tepung kanji atau tepung beras berupa seperti mie, dengan kombinasi santan kelapa, lalu diberikan dengan kinca atau gula jawa cair. Umumnya tepung beras dikasih warna-warni supaya menarik konsumen.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...