Thursday 22 October 2020

JADAH TEMPE, JAJANAN KHAS KALIURANG

 JADAH TEMPE, JAJANAN KHAS KALIURANG

Jadah tempe salah satu makanan tradisionil ciri khas yang datang dari Sleman, Yogyakarta. Belum komplet rasa-rasanya ada ke Kaliurang tidak ada merasakan makanan ini. Makanan ini tak kan anda temukan di asal-asalan tempat di kota Yogyakarta sebab makanan ini ciri khas Kaliurang serta sangatlah tersohor cuma ada pada kurang lebih tempat liburan yang ada di lereng Gunung Merapi ini.

Nama Jadah Tempe sebetulnya adalah campuran dari 2 style makanan adalah jadah yang disebut olahan dari ketan serta tempe maupun tahu. Baik tempe atau tahunya rata-rata diproses melalui langkah dibacem. Makanan bahan olahan dari ketan ini dibentuk dengan gabungan kelapa yang rasa-rasanya renyah. Sedang pasangannya tempe atau tahu yang diproses melalui langkah dibacem dengan rasa manis. 

Akan tambah nikmat kalau didampingi dengan cabai rawit. Rata-rata disediakan dengan bungkus daun pisang. Jadi rasa makanan ini gabungan renyah dengan manis plus rasa pedas cabai rawit. Makanan yang berikut sangatlah sesuai dicicipi di udara dingin sama yang dapat anda temukan di wilayah Kaliurang, Sleman.

Makanan Jadah Tempe ini yang tersohor merupakan Mbah Carik di lahan tamasya Kaliurang ini punya peristiwa yang paling panjang. Jadah tempe ini sebelumnya sekalipun makanan biasa-biasa saja buat orang dusun bukan makanan yang tersohor. Di tahun 1950-an Jadah tempe ini dikenalkan kali pertama oleh Sastro Dinomo atau yang kerap dipanggil mbah Carik kurang lebih di dusun Kaliurang. 

Makanan itu berubah menjadi tersohor sewaktu Sri Sultan Hamengkubuwono IX coba merasakan jadah tempe. Rupanya Beliau sangatlah Provider Slot Online menyenanginya ditambah lagi beliau kerap mengutus orang kepercayaannya buat beli jadah tempe ke Kaliurang. Sejak mulai itu makanan Jadah tempe berubah menjadi tersohor serta berubah menjadi makanan ciri khas Yogyakarta utamanya di Kaliurang sampai sekarang.

Supaya bisa nikmati makanan ini konsumen cuma cukup keluarkan ongkos yang murah kira-kira di antara Rp.10.000 – Rp.20.000. Di Taman Tamasya Kaliurang di tiap-tiap pojok penjual Jadah tempe pula ada dibanyak tempat. Juga ada yang keliling tawarkan terhadap pengunjung. Belum komplet rasa-rasanya ada ke Kaliurang tidak ada merasakan makanan ini.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...