Tuesday 22 September 2020

Hidangan ciri khas Vietnam

 Hidangan ciri khas Vietnam

Kuliner Vietnam termasuk menarik untuk dilihat serta dijajal. Untuk negara sisa koloni Perancis, budaya kuliner Vietnam banyak dikuasai Perancis. Tetapi bukannya menghisap tepat makanan Perancis, masyarakat Vietnam melahirkan makanan baru kombinasi timur serta barat. Disamping itu diaspora Vietnam di dunia aktif mengenalkan kekayaan kuliner dengan buka banyak restoran. 

Jadi tidak bingung waktu bertandang ke beberapa negara di luar Vietnam, cari makanan ciri khas negara itu sebetulnya benar-benar gampang. Seperti di Indonesia, terdapat beberapa restoran Vietnam. Rerata jual hidangan populer dari Vietnam. Berikut lima hidangan yang terbagi dalam minuman dan makanan populer dari Vietnam:

1. Pho

Pho adalah salah satunya makanan terpopuler dari Vietnam. Berbentuk mie dari tepung beras yang selanjutnya disiram dengan kuah kaldu sapi bening serta dikasih toping potongan daging sapi tipis. Untuk menyamakan rasa kaldu sapi, pho disantap dengan potongan jeruk nipis serta daun ketumbar yang memberikan sensasi aromatik. Pho disebut ada jauh sebelum waktu penjajahan Perancis di Vietnam. Tetapi perubahan pho kekinian memakai daging sapi terkait dengan budaya Perancis pada era ke 20. Saat itu di Vietnam terdapat beberapa sapi karena keinginan orang Perancis yang suka makan sapi.

2. Bun Cha

Ada pho mie beras kaldu sapi yang diberikan hangat, karena itu ada bun cha yang diberikan dalam temperatur ruangan. Bun cha pada intinya mie tepung beras sama dengan pho. Perbedaannya bila pho di celupkan bersama-sama kuah kaldu sapi, bun cha tidak. Penyajian bun cha biasa memakai keranjang kecil. Diberikan di bermacam macam panggangan, dapat daging sapi, ayam, atau di Vietnam populernya daging babi. Untuk makan bun cha, dipertemukan dengan saus pangkal kecap ikan Nouc Mam. Langkah makannya daging serta mie dapat dicocol ke saus atau digabung jadi satu, sesuai dengan hasrat.

3. Bahn Mi

Salah satunya makanan unik dari Vietnam sebab dari penampakannya saja nampak makanan ini di inspirasi dari Perancis. Bahn Mie ialah roti baguette atau roti panjang yang dibuat dari tepung beras serta tepung terigu. Perbedaannya orang Vietnam isi bahn mie dengan bermacam suwiran daging serta sayuran. Sayuran ini yang membuat unik, sebab bahn mie biasa berisi daun ketumbar, wortel, daikon, timun, acar, serta lobak putih. Selanjutnya disiram saus pedas seperti sambal, potongan cabai, atau juga bisa kecap ikan.

4. Goi Cuon

Alias lumpia ciri khas Vietnam. Lain dengan lumpia Indonesia, lumpia Vietnam umumnya mempunyai kulit terbuka, dibuat dari tepung beras yang dikukus. Kulit ini lalu berisi sajian laut seperti udang, sayuran, serta yang perlu ada ialah daun ketumbar. Melahap goi cuon umumnya dicocol dnegan saus kecap ikan. Goi cuon biasa dibuat makanan pembuka, baik di restoran kaki lima sampai restoran fine dining.

5. Kopi Vietnam

Kopi vietnam punyai banyak nama, dari mulai arti Bahasa Inggris Vietnamese Drip Coffee atau nama aslinya ca phe sua da, dipersingkat jadi kafe da. Keunikan kopi vietnam ialah pemakaian cangkir tetes dibagian atas, untuk memfilter ampas kopi supaya tidak jatuh ke fundamen gelas. Selanjutnya pemakaian susu kental manis yang setia, sampai Permainan judi virtual memunculkan rasa karamel di saat kopi diminum. Kopi Vietnam dapat diminum pada keadaan hangat atau dingin. Asal mula kopi vietnam tidak lepas dari peran Perancis. Kopi dibawa Perancis ke Vietnam seputar tahun 1850-an. Begitupun dengan budaya minum susu. Susu kental manis berperanan menetralkan rasa pahit dari biji kopi yang dipanggang sampai gosong.

No comments:

Post a Comment

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang

15 Tempat Wisata Kuliner Paling Mantap Di Palembang HM Kuliner - Palembang salah satu kota besar di Indonesia sekalian jadi ibu-kota dari p...